Tren bisnis Instagram sudah berlangsung cukup lama, akan tetapi hingga saat ini peluang untuk meraup untung di Instagram masih terbuka lebar. Hanya saja tantangannya semakin berat karena sudah banyak pebisnis serupa (kompetitor) yang masuk ke Instagram untuk menjual dan mempromosikan produknya. Maka dari itu, untuk bisa sukses di Instagram mau tidak mau Anda harus benar-benar kreatif dalam membuat dan mengelola konten.
Secara umum, bisnis di Instagram tidak selalu bergantung pada jumlah followers. Ada banyak kisah nyata pebisnis yang hanya mempunyai sedikit followers tetapi penjualannya bisa melejit dan menyaingi pebisnis yang punya jumlah followersnya banyak. Dalam hal ini, konten yang di posting sangat baik untuk menarik minat para calon konsumen. Dengan konten yang menarik, berkualitas, dan menerapkan prinsip pengelolaan konten yang baik, maka branding bisnis di Instagram bisa jadi sangat menguntungkan meskipun dengan sedikit followers.
Cara Membuat Konten Instagram Bisnis Profesional
Begitu pentingnya sebuah konten dalam meningkatkan branding bisnis di instagram, maka banyak para pebisnis yang memanfaatkan jasa content creator untuk memenuhi kebutuhan konten pada bisnis instagram Anda.
Berikut ini akan di berikan beberapa cara untuk membuat konten bisnis yang berkualitas untuk instagram, sehingga dapat memberikan profit yang memuaskan bagi bisnis Anda.
Membuat profil akun Instagram yang menarik
Tips posting konten branding bisnis di Instagram yang pertama adalah membuat profil akun Instagram semenarik mungkin. UKM atau bisnis kecil bisa memasang logo sebagai foto profil. Selain itu, profil juga bisa di buat dengan memasang foto produk terlaris Anda. Pada bagian deskripsi jangan lupa untuk menempatkan no. HP dan alamat website Anda.
Membagikan Gambar dengan Kualitas Baik
Pada dasarnya, Instagram adalah platform khusus untuk berbagi foto. Maka dari itu, dalam posting konten bisnis di Instagram tidak bisa terlepas dalam membagikan gambar yang sesuai dengan brand bisnis. Bagikan gambar produk yang berkualitas baik, yaitu gambar resolusi yang sesuai. Kualitas gambar yang baik untuk instagram pada umumnya gambar dengan resolusi minimal 1200 pixel x 1200 pixel. Selain resolusi, pastikan gambar produk Anda jelas dan tidak blur.
Menggunakan Video Yang Kreatif
Video merupakan jenis konten terbaik untuk engagement di platform sosial media termasuk instagram. Maka dari itu, Instagram mengijinkan Anda merekam dan mengupload video mulai dari 3 sampai 60 detik. Dalam waktu yang sangat singkat tersebut, mau tidak mau Anda harus menyajikan video yang benar-benar kreatif untuk menjaring perhatian dari calon konsumen.
Jenis video yang bisa Anda upload di Instagram dapat berupa video tutorial, video promosi dan diskon, video tips dan saran, video perayaan, video inspiratif dan jenis video lainnya yang sesuai dengan karakteristik followers dan brand bisnis Anda di Instagram.
Menambahkan Hashtag dengan Tepat
Hashtag yang tepat merupakan rahasia dasar dalam bisnis di Instagram, karena bisa tetap mendatangkan pembeli meskipun followers Anda masih sedikit. Hashtag yang tepat akan sangat penting untuk mendapatkan perhatian dari ratusan ribu pengguna Instagram meskipun bukan dari followers Anda.
Anda harus menambahkan hashtag yang berhubungan dan relevan dengan gambar yang Anda posting. Gunakan 5 hingga 7 hashtag, agar konten Anda tidak di tandai sebagai spam oleh Instagram.
Selalu Aktif
Anda perlu menjadi aktif agar bisa memfollow brand atau calon konsumen yang minat branding bisnis Anda. Selain itu, Anda aktif aktif melakukan like dan komen di akun Instagram milik orang lain sekalipun itu adalah followers Anda. Anda harus membalas setiap komentar yang ada di dalam setiap konten Anda dengan cepat, baik, dan bijaksana.
Memposting Konten Beberapa Kali dalam Sehari
Setidaknya lakukan posting minimal 3 kali dalam sehari. Tujuan melakukan posting konten beberapa kali dalam sehari ini adalah agar konten Anda tidak tenggelam di feed Instagram. Selain itu, akun yang selalu update dapat memberikan kesan konten selalu segar dan kekinian.
Membaca Data
Pada akun Instagram for Business, terdapat fitur analytics yang bisa Anda manfaatkan untuk membaca data. Data-data tersebut dapat berupa jangkauan dan data klik. Dari data tersebut, Anda bisa menentukan konten yang dapat menjangkau lebih banyak audiens dan hashtag yang banyak mendatangkan traffic.
Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar konten bisnis di instagram menjadi berkualitas dan memberikan kepuasan terhadap bisnis Anda. untuk memperoleh konten yang berkualitas, cepat dan murah sebaiknya Anda menggunakan jasa instagram management profesional dari dart.biz.id.
Hubungi Kami sekarang dan dapatkan penawaran terbaik Kami!