Dart Creative Agency

tiktok untuk bisnis

Menggunakan Tiktok untuk Bisnis? Hindari 5 Kesalahan Ini

Tiktok mempunyai fungsi lebih dari media hiburan, di tangan orang yang kreatif akun Tiktok bisa untuk bisnis dan promosi. Namun, tidak seperti media lainnya, memperkenalkan produk Anda di Tiktok itu ada rahasianya tidak bisa asal jadi.

Karena pada dasarnya ini adalah media sosial hiburan, jadi strategi untuk promosi dan berbisnis juga harus menyesuaikan dengan trend dan perkembangan yang ada.

Hindari 5 Kesalahan Berikut Saat Menggunakan Tiktok untuk Bisnis

Pada kesempatan kali ini dart.biz.id akan mengupas tuntas apa saja kesalahan memakai Tiktok untuk bisnis, supaya kalian bisa menghindarinya. Silahkan ikuti tips simpel berikut, simak baik-baik barangkali bisa membantu promosi bisnis Anda.

1. Konten Video Hanya Berisi Penawaran dan Promosi

Memang betul Tiktok bisa dijadikan sebagai media untuk promosi di era modern seperti sekarang ini, tapi kontennya juga harus diperhatikan.

Para netizen di Tiktok (termasuk calon konsumen Anda) agak risih melihat konten yang melulu membahas soal penawaran.

Ingat apa yang sebelumnya kami katakan, Tiktok awalnya media hiburan. Para penggunanya ingin melihat sesuatu yang menarik, menghibur, dan informatif untuk mengisi waktu luang mereka.

Spam upload video yang berisi promo-promo dan diskon produk tidak akan menarik perhatian pelanggan, setidaknya ini cara yang kurang tepat. Sebagai pebisnis kalian perlu mengamati format konten yang banyak peminatnya.

Buatlah konten yang bervariasi termasuk tips, edukasi, dan semacamnya. Terkadang justru konten yang seperti ini yang banyak penontonnya di Tiktok. Perlahan namun pasti, nanti Anda bisa menyelipkan kata-kata promosi dengan konten unik.

2. Terburu-buru Ingin FYP dengan Cara yang Salah

Ya, For Your Page menjadi salah satu goal yang ingin dicapai oleh para pebisnis. Mereka beranggapan jika video Tiktok bisa FYP, maka yang nonton pasti banyak alhasil follower dan like nambah dan banyak yang menelepon untuk order jasa atau beli produknya.

Apakah Anda punya pikiran yang sama? Baik, perlu dipahami FYP itu bukan sulap, dibutuhkan riset dan pemahaman mengenai apa yang sedang nge-trend di Tiktok lalu membuat video yang sekiranya mampu menarik penonton saat pertama kali melihatnya.

Pada intinya FYP itu memang tidak mudah, jangan harap video Anda bisa auto FYP hanya dengan membeli follower atau likes.

Baca juga: Jasa Tiktok Management Termurah Potensi Masuk FYP

3. Tidak Menggunakan Musik yang Sedang Trend

Musik menjadi bagian yang sangat penting di Tiktok, memang terkesan sulit dipahami tapi begitulah faktanya. Coba saja Anda buka aplikasi Tiktok sekarang, scrolling beberapa menit. Anda akan mendapati ternyata beberapa video ada yang musiknya sama meskipun konten videonya sendiri berbeda.

Alasannya karena musik atau lagu bisa mempengaruhi engagement atau ketertarikan orang-orang saat melihat konten tersebut. Inilah kenapa penting untuk mengetahui perkembangan trend saat membuat video Tiktok, termasuk tujuan promosi dan bisnis.

4. Bikin Video Asal Jadi dengan Editing Pas-Pasan

Buatlah video Anda menarik, dimulai dari kualitas dari video itu sendiri. Usahakan tampilan visualnya bagus dan tidak pecah. Kemudian, jika memungkinkan gunakan stabilizer agar video tidak “gempa” saat perekaman.  Kualitas video sebaiknya minimal 1080p dengan 30 fps – 60 fps.

Selanjutnya, bicara soal editing gunakanlah tool software yang premium agar tidak muncul watermark di videonya. Manfaatkan setiap fitur yang ada dengan baik untuk membuat video terkesan lebih bagus dan menarik.

Tool video seperti Adobe Premiere, Filmora bisa menjadi pilihan jika Anda menggunakan PC/laptop. Adapun untuk ponsel bisa menggunakan tool seperti Kinemaster, Capcut, dan Filmora Go.

Maksimalkan editing untuk membuat konten video di Tiktok, ini mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar tapi hasilnya worth it.

5. Tidak Menggunakan Talent untuk Bikin Konten

Membuat konten video memang tidak mudah, istilah kata tidak semua orang bisa melakukannya. Kadang ada perasaan malu, tidak bisa menjelaskan dengan artikulasi yang jelas karena gugup, atau kendala lainnya.

Oleh karena itu, perlu menginvestasikan budget untuk melatih karyawan atau tim (jika ada) untuk menjadi talent pembuatan konten di Tiktok. Dengan begitu, kualitas konten Anda nantinya juga lebih maksimal.

Baca juga: Agency Talent Management Medsos untuk Permudah Branding

Pusing Tidak Tahu Apa yang Harus Dilakukan? Ini Solusinya

Jika Anda merasa kesulitan untuk mengelola dan bikin konten Tiktok, solusi terbaiknya adalah menggunakan layanan profesional dari tim Tiktok management seperti Dart creative agency.

Kami siap membantu Anda untuk membuatkan video Tiktok yang bagus, unik, dan original sesuai dengan konsep yang disepakati. Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai biaya layanan dan pilihan paketnya.

Konsultasikan kebutuhan promosi Anda bersama admin kami melalui nomor yang sudah disediakan. Dart menyediakan jasa tiktok management, influencer di Tiktok, dan Tiktok Ads. Satu solusi untuk setiap kebutuhan media sosial bisnis!

Tinggalkan Komentar

Dart Creative Agency