Belakangan profesi Influencers sudah berkembang dengan pesat dan menarik banyak minat semua orang, tidak sedikit gen z khususnya yang menjelma menjadi seorang Influencer berbekal kecakapan diri didepan kamera dan followers yang berjumlah diatas rata-rata.
Sebenarnya sah-sah saja jika banyak orang yang kini menekuni profesi ini, hanya saja dengan begitu banyaknya influencer yang ada terkadang sebagai klien atau penyedia jasa iklan online harus benar-benar memilih influencer seperti apa yang cocok untuk bekerjasama nantinya. Jangan sampai memilih influencer yang terkesan abal-abal hanya karena penawaran nya cukup menarik.
Bagi Anda yang sedang merencanakan untuk memilih influencer yang nantinya akan dilibatkan pada promosi, berikut trik-trik dalam memilih influencer yang tepat untuk iklan Anda.
Cari Berdasarkan Kategori
Jika Anda memiliki brand kecantikan tentu saja ingin mendapatkan influencer yang berfokus pada hal tersebut. Nah, untuk memilih kategori influencer ini sebenarnya cukup tricky, karena faktanya Influencer, apa pun tingkatannya, memiliki kategori masing-masing. Jika Anda ingin mencari influencer di Instagram, mungkin Anda akan kesulitan kalau hanya mengetik “beauty”. Hasilnya akan berupa jejeran akun dari berbagai brand beauty. Padahal, Anda ingin mencari influencer yang berfokus pada kategori beauty.
Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, bisa menggunakan beberapa tools agar mempermudah dan menghemat waktu, salah satunya adalah HypeAditor yang menjadi tools untuk memudahkan pencarian infuencer berdasarkan kategori yang diinginkan.
Interaksi Dengan Audience
Langkah lainnya yang bisa digunakan untuk mencari Influencer adalah memperhatikan interaksi dengan audience. Disini, Anda bisa melihat seperti apa interaksi influencer tersebut dan seperti apa feedback dari audience nya terkait panutan nya ini. Melalui riset ini, Anda dapat melihat seperti apa karakteristik influencer yang audience sangat sukai dan konten seperti apa yang tepat untuk mereka.
Cara mudah untuk mengetahui interaksi ini adalah bisa dengan membuat Instagram Story. Seperti yang di promosikaan oleh jasa digital marketing, dengan cara ini Anda bisa menanyakan siapa influencer atau content creator favorit user agar nantinya Anda bisa mendapatkan hasil yang sekiranya bisa dijadikan patokan untuk lebih mengembangkan bisnis Anda.
Riset Secara Mendalam
Ketika mencari influencer secara manual, pastika untuk memahami profil influener secara menyeluruh dan mendalam supaya tidak ada hal yang nantinya bisa berdampak pada pemasaran yang kedepannya akan dilakukan. Tidak hanya tentang seberapa banyak followers nya, tetapi juga liat dari segi keseluruhannya mulai dari interaksi, konten yang dijadikan untuk unggahan, pernah menjalin relasi dengan brand apa saja, dan lain-lain.
Bahkan, kita sebagai orang yang akan bekerja sama dengan influencer tersebut dapat mencari konten bersponsor milik kompetitor untuk melihat influencer yang pernah diajak bekerja sama. Jika Anda ingin menggunakan influencer yang sama, pastikan brand tersebut bukan kompetitor langsung.
Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencari seperti apa influencer terbaik yang bisa kita jadikan figur untuk memasarkan produk kepada masyarakat luas. Keberadaan influencer memang tidak main-main, dan ini dibuktikan dengan hadirnya dart.biz.id yang menjadi partner jasa influencer iklan online terbaik yang sudah menjalin kerjasama dengan influencer terbaik saat ini.
Dart.biz.id menghadirkan beragam service digital marketing terbaik di Indonesia yang mana semua service nya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Segera join bersama kami dan hubungi sekarang juga di nomor whatsapp 0888-1181818.