Ingin produk yang dijual viral dan banyak yang membeli? Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan seperti promosi dengan iklan berbayar sampai menyewa jasa influencer mikro atau makro untuk mempopulerkan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Jika melihat dari perkembangan strategi bisnis yang ada, penggunaan influencer untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat luas sudah mulai banyak yang pakai.
Namun sebelum menggunakan layanan tersebut, tentunya penting untuk memahami lebih jauh lagi mengenai definisi dan cara kerja dari influencer sendiri sehingga Anda tidak salah dalam menerapkan strategi promosi.
Apa Itu Influencer dan Cara Kerjanya
Influencer adalah seseorang yang mempunyai pengaruh, baik di lingkungan masyarakat luas atau di komunitasnya sendiri. Jumlah koneksi tersebut dibuktikan melalui follower (pengikut) pada platform tertentu misalnya Facebook, Instagram, Tiktok, hingga Youtube.
Jadi tidak benar jika influencer adalah selebgram atau artis saja, bahkan seseorang yang mempunyai follower di bawah 10 ribu juga bisa menjadi influencer, lebih lengkapnya nanti akan kami jelaskan kategorinya.
Baca juga: Instagram Ads Vs Influencer. Mana Lebih Efektif ?
Anda bisa mendapatkan jaringan influencer dengan mencarinya melalui rekomendasi teman atau menggunakan bantuan influencer marketing agency.
Namun, bagaimana cara kerja seorang influencer marketing? Prinsipnya cukup mudah, lebih kurang berikut penjelasannya:
- Pertama, Anda mempunyai produk atau jasa yang ingin ditawarkan kepada target konsumen (contoh: jasa pengiriman barang)
- Kemudian, orang yang akan menyewa influencer melakukan koordinasi terlebih dahulu seperti membicarakan biaya untuk beberapa kali promosi di akun influencer tersebut atau platform lainnya seperti blog dan Youtube
- Setelah itu, jika biaya sudah sepakat maka selanjutnya ke tahap perancangan skema promosinya. Influencer yang kreatif jelas mempunyai ide-ide yang cemerlang untuk membantu Anda memperkenalkan layanan atau produk tersebut kepada komunitas atau masyarakat luas
- Lalu, tunggu publikasi konten oleh influencer dan lihat hasil impresi dari target konsumen. Jika influencer mampu menjelaskan dengan baik mengenai produk atau jasa tersebut maka pelanggan akan berdatangan tertarik dengan usaha Anda
Teknis jasa influencer satu dengan yang lain mungkin berbeda, namun sebagai gambaran Anda bisa memahaminya seperti penjelasan yang kami paparkan di atas.
Mengenal 3 Jenis Influencer Marketing, Awas Jangan Salah Pilih!
Menjamurnya bisnis influencer membuat banyak pelaku usaha ingin ikut-ikutan mempopulerkan usahanya dengan menggunakan cara yang sama. Namun sebaiknya jangan asal pilih jasa influencer, cek dulu jenis-jenisnya supaya bisa mengetahui mana layanan yang Anda butuhkan.
1. Jasa Influencer Nano
Influencer nano mempunyai jumlah follower yang sedikit jumlahnya kurang dari 10 ribu. Namun jangan anggap remeh, influencer seperti inilah yang sekarang sedang banyak dipilih oleh pelaku UMKM.
Kenapa demikan?
Karena, biaya sewa influencer marketing lebih murah dan mempunyai kedekatan dengan konsumen yang lebih baik. Di Indonesia ada banyak influencer nano, kebanyakan platform IG berikut salah satunya @jasminestrw dan @devinawistiasari.
2. Jasa Influencer Mikro
Naik lebih tinggi ada influencer mikro yang mempunyai follower mencapai 10 – 100 ribu. Menurut studi dari Keller Fay Group mengenai pengaruh influencer di bidang marketing, influencer mikro mempunyai engagement yang tinggi dengan para followernya sehingg mampu meningkatkan potensial penjualan hingga 82%
Baca juga : Cara Meningkatkan Engagement Social Media
Influencer mikro sudah mempuyai audience yang lebih spesifik (tidak campur-campur) misal dia menjadi kickboxer, senang dengan niche yang berkaitan dengan olahraga dan kebugaran maka produk seperti minuman penambah tinggi badan, alat olahraga, dan sebagainya bisa menjadi referensi produk yang cocok untuk dipromosikan oleh influencer mikro tersebut.
Beberapa influencer mikro yang mungkin ingin Anda ketahui yaitu @herrysw, @ryandiap, dan @nabilladp.
3. Jasa Influencer Makro
Tingkatan atasnya lagi ada influencer makro umumnya sudah menjadi “public figure” akun sosmednya sudah bercentang biru menandakan ia sudah kredibel dan banyak yang kenal. Namun belum sebanding dengan para seleb.
Semakin tinggi tingkatan influencer maka biaya yang Anda keluarkan juga lebih besar, umumnya produk eksklusif banyak dikenalkan oleh influencer marketing instagram, Tiktok, dan sebagainya.
Cara Menggunakan Jasa Influencer (Sangat Praktis)
Jika Anda berminat untuk menggunakan jasa influencer untuk promosi produk atau jasa, maka segeralah menghubungi Dart.biz.id, pusat influencer marketing hub Tiktok, Instagram, Facebook, dan sebagainya.
Dengan pengalaman selama bertahun-tahun, kami menghubungkan pelaku usaha untuk memilih influencer terbaik sesuai dengan kebutuhan mereka. Berikut ini cara menggunakan mikro macro influencer dan lainnya:
- Hubungi admin jasa creative agency melalui Whatsapp, informasikan produk atau jasa yang akan Anda promosikan
- Lalu, pilih jenis influencer yang diinginkan
- Setelah itu, kami akan memberikan rekomendasi beberapa influencer terbaik, tentunya tidak asal pilih. Kami menggunakan data dan riset untuk membuat keputusan tersebut
- Selesaikan pembayaran sewa influencer
- Lanjut, merancang konten-konten yang menakjubkan untuk mendatangkan konsumen dan meningkatkan branding
Gunakan jasa influencer mikro dan makro untuk meningkatkan engagement target pasar Anda, tidak perlu khawatir masalah profit asal produk sudah dikenal keuntungan akan mengikuti. Jadi kapan Anda siap bekerjasama dengan influencer terbaik?