Dart Creative Agency

Cara Meningkatkan Engagement Social Media Wajib Dicoba!

Cara Meningkatkan Engagement Social Media Wajib Dicoba!

Berbagai cara di lakukan untuk meningkatkan engagement social media. Mulai dari membuat konten video, menyewa influencer, menu dan lain sebagainya. Anda bisa melakukannya sendiri atau menyewa jasa creative agency. Lantas sebenarnya mana langkah yang tepat untuk meningkatkan interaksi media sosial yang tepat?

Perlu di telusuri satu-satu, menimbang keunggulan dan juga tantangan yang perlu di hadapi. Karena meningkatkan engagement social media itu tidak bisa di lakukan sehari semalam, di perlukan adanya strategi, planning yang terstruktur sehingga hasilnya juga bisa terukur.

Sebelum menjelaskan cara melakukannya, mari kita pahami dulu acuan dari “engagement” tersebut.

Cara Mengukur Engagement Social Media

Engagement adalah interaksi, antara satu media sosial dengan yang lain lebih kurang acuannya sama. Facebook, Tiktok, dan Instagram mengutamakan jumlah like, comment, follower, dan share. Adanya like berarti pengunjung sudah menyukai apa yang Anda post, jika postingan tersebut adalah promosi produk kemungkinan mereka akan berkomentar untuk mencari tahu lebih lanjut tentang harga, prosedur pembelian dan sebagainya.

Namun, apabila postingan Anda berupa tips, informasi, life hacks, dan sebagainya kemungkinan pengunjung akan berterimakasih karena konten tersebut bermanfaat.

Apabila akun Anda di penuhi dengan konten yang menarik dan produk yang di butuhkan konsumen maka mereka akan mengikuti akun Anda. Dalam hal ini engagement sudah cukup tinggi, konsumen menanti produk-produk terbaru dan penawaran terbaik dari toko Anda.

Bagian yang paling sulit di capai adalah meningkatkan jumlah share, karena hal ini berarti konsumen mempunyai inisiatif sendiri untuk merekomendasikan produk Anda kepada teman, kerabat, dan orang yang mereka kenal untuk menggunakan jasa atau membeli produk Anda.

Nah, Anda sudah paham hal mendasar berkaitan dengan interaksi media sosial. Selanjutnya adalah mencoba praktik beberapa cara meningkatkan engagement social media secara nyata yang bisa di coba sendiri. Bersiap-siaplah untuk membuat toko Anda viral.

Lakukan 5 Cara Ini Untuk Menaikkan Engagement Akun Sosial Media!

Sudah siap untuk melangkah ke level yang berbeda? Persiapkan skill dan tekad yang kuat, lakukan panduan berikut jika kamu ingin ada peningkatan audience media sosial.

1. Buat Konten Video Pendek yang Menarik

Konten video menjadi konten yang paling banyak di minati oleh para netizen, uniknya lagi bukan video berdurasi panjang melainkan 30-60 detiklah yang banyak di share di media sosial. Menurut data dari We Are Social di tahun 2020, video tergolong sebagai konten yang paling di minati pada semua platform media sosial.

Di survei yang lain, video mampu menjadi magnet engagement di media sosial hingga 87 persen. Nilai yang sangat tinggi, ini seharusnya menjadi sinyal bagi para pelaku usaha untuk mulai mempromosikan bisnisnya dengan membuat konten video.

Ingat, bukan asal rekam melainkan di perlukan adanya editing yang baik pengambilan video dari sisi yang tepat sehingga hasilnya juga menganggumkan.

2. Rancang Copywriting yang Menarik

Visual yang bagus bukan apa-apa tanpa adanya teks yang menarik. Oleh karena itu, di perlukan adanya pembuatan copywriting yang bisa mengajak pelanggan untuk terlibat.

Sebagai contoh Anda mengajak orang-orang untuk bergabung membuka bisnis kuliner, maka alternatif copywritingnya.

Copywriting 1

“Bergabunglah dengan bisnis kuliner kami dengan modal yang minim”

Copywriting 2

“Mau Buat Bisnis Kuliner dengan modal minim? Bisa! Daftar sekarang bersama kami daftarnya gampang lho”

Penggunaan kalimat bisa mempengaruhi bagaimana reaksi pengunjung akun media sosial Anda. Jangan ragu untuk berkreasi dengan tulisan-tulisan Anda, engagment akan meningkat seiring menariknya konten copywriting yang di buat dari waktu ke waktu.

Namun ingat, jangan tuliskan informasi yang bersifat bohong, menipu, dan sebagainya karena bukannya meningkatkan interaksi ini bisa menjadi boomerang bagi bisnis Anda.

3. Maksimalkan Penggunaan Fitur Di Media Sosial

Media sosial mempunyai fitur unggulan yang berbeda, di Instagram Anda bisa membuat reels. Sedangkan pada Tiktok ada fitur live shopping, QnA, dan sebagainya

Adanya fitur-fitur ini harus di manfaatkan dengan baik untuk membangun interaksi dengan calon pelanggan. Anda tidak pernah tahu sebelum hasilnya terlihat, bisa jadi sebagian pengunjung Anda lebih menyukai konten reels daripada postingan biasa atau sebaliknya.

Pada dasarnya cara meningkatkan engagement social media itu memang berbeda-beda, Anda peru mencoba beberapa metode sehingga bisa tahu pilihan yang efektif.

4. Responsif Dalam Membalas Komentar

Ini terdengar sepele, namun sebaiknya jangan di abaikan. Ketika postingan Anda ada yang berkomentar maka sebisa mungkin langsung di balas. Inilah fungsi utama dari notifikasi pada setiap akun media sosial untuk memastikan Anda tidak mengabaikan interaksi pelanggan.

Ingat poin-poin sebelumnya meningkatkan engagment itu sulit, jadi jangan sampai Anda mengabaikan pelanggan yang sudah tertarik dengan produk atau jasa yang Anda sediakan.

5. Bagikan Konten yang Unik dan Berbeda Setiap Harinya

Buatlah kalender atau semacam agenda untuk mengingatkan Anda mengenai variasi konten yang akan di buat hari ini. Misalnya senin buat konten life hacks

selasa konten fun fact (fakta unik), rabu membuat konten video shorts mengenai produk atau jasa, dan seterusnya. Ini memang kompleks, namun potensi peningkatan engagement lebih tinggi.

Tujuannya tidak hanya meningkatkan jumlah views atau like, melainkan membuat pengunjung Anda penasaran sehingga menanti-nanti konten buatan Anda setiap harinya.

Oke itu dia berbagai cara meningkatkan engagement social media, semoga bisa membantu para pelaku usaha yang ingin meningkatkan bisnisnya. Apabila Anda tidak punya waktu untuk menerapkan kelima cara di atas, maka bisa menggunakan jasa social media management dari DART creative agency Jakarta.

Solusi mudah, cepat, dan aman untuk meningkatkan engagment akun media sosial bisnis. Harga paket pengelolaan mulai dari Rp 600.000 per bulan, di buatkan 12 desain feeds, 4 instastory, sudah termasuk planning konten, riset hashtag, report bulanan, dan sebagainya. Harga bisa berubah sewaktu-waktu, informasi lebih lanjut silahkan WA admin ya.

Tinggalkan Komentar

Dart Creative Agency