Dart Creative Agency

tiktok influencer management

Tips Memilih Tiktok Influencer Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan

Ada cara unik untuk mempromosikan usaha di media sosial. Salah satunya yaitu bekerjasama dengan tiktok influencer marketing untuk membuat konten dengan tema sesuai bisnis Anda.

Namun, apa itu tiktok influencer marketing?

Secara sederhana, mereka adalah orang yang mempunyai follower dalam jumlah tertentu. Halaman tiktoknya di penuhi dengan konten menarik, unik, tidak sedikit pula yang edukatif dan menghibur.

Secara umum tiktok influencer pasti mempunyai tema konten tertentu yang di sukai. Sebagai contoh, untuk kaum perempuan biasanya identik dengan skincare, kosmetik, dan produk pelangsing.

Di lain sisi tiktok influencer marketing laki-laki lebih mengarah pada produk gadget, teknologi, produk olahraga, dan sejenisnya.

Saat ini pembuatan konten di Tiktok tidak hanya di tunjukan untuk hiburan semata.

Namun, sudah banyak pebisnis cerdas yang memanfaatkan peluang ini untuk mempromosikan produk dagangan mereka dengan pembawaan yang halus atau istilah kerennya soft selling.

Apakah Anda tertarik untuk melakukan hal yang sama? Jika iya, maka pastikan untuk menyimak penjelasan berikut.

Perhatikan 4 hal Ini Saat Mencari Influencer Marketing Tiktok!

Bagi Anda yang berniat untuk mencari influencer marketing tiktok untuk bisnis sendiri, pastikan sudah memahami kriteria penentuan pembuat konten tiktok yang bagus. Jangan sampai asal pilih, soalnya ini terhitung investasi kalau tidak teliti bisa-bisa malah rugi.

tiktok influencer marketing murah

Langsung saja cek penjelasan mengenai apa saja hal penting yang wajib di ketahui saat memilih influencer marketing di Tiktok, supaya brand Anda semakin banyak di kenal.

1. Perhatikan Tema Kontennya

Kunjungi halaman profil tiktok influencer, cek apakah tema video yang mereka buat sesuai dengan produk Anda.

Beberapa influencer mungkin mempunyai lebih dari satu konten, tetapi akan lebih baik jika memilih influencer yang fokus terhadap satu kategori saja.

Ini dapat membuktikan bahwa mereka konsisten mendalami potensi yang di miliki bukan sekadar mencoba-coba.

Mengapa perlu memperhatikan hal semacam ini? Karena dengan mengetahui tema konten yang di buat, akan lebih mudah untuk berkoordinasi dengan mereka saat menjelaskan produk Anda. Banyak waktu yang bisa di hemat, tidak perlu menjelaskan konsepnya dari nol.

Metode ini tidak berlaku apabila layanan yang kalian cari adalah agensi. Karena pada umunya tiktok influencer management punya lebih dari satu talent dengan fokus topik konten yang berbeda.

2. Mengetahui Kisaran Budget yang Tersedia

Sebagai salah satu layanan jasa, tentunya Anda perlu menyediakan sejumlah budget untuk menyewa influencer marketing di Tiktok. Biayanya bervariasi menyesuaikan dengan popularitas pembuat konten dan juga followernya.

Tidak ada salahnya untuk melakukan riset kecil-kecilan dengan menanyakan informasi biaya jasa mikro dan makro influencer secara langsung melalui kontak yang mereka sediakan.

Meskipun membutuhkan waktu, tetapi cara ini cukup bagus untuk mendapatkan biaya yang terjangkau saat bekerjasama dengan influencer marketing.

Beberapa influencer mikro (followernya 1 ribu – 100 ribu) menetapkan tarif mulai dari Rp50.000 – Rp.100.000 per postingan. Selain itu, untuk influencer makro (follower 100 ribu ke atas) bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkap mengenai keduanya bisa di cek melalui layanan jasa influencer sudah di jelaskan lengkap perbedaan dan cara kerjanya.

3. Memperhatikan Seberapa Ramai Jumlah Views Konten

Dalam media sosial ada yang di sebut sebagai engagement, ini adalah tolak ukur untuk mengetahui seberapa menarik konten bagi para masyarakat.

Di Tiktok, jumlah keterikatan ini di lihat berdasarkan berapa banyak orang yang menyukai, komen, dan membagikan video tersebut.

Pada fitur live juga ada jumlah views atau tayangan ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui seberapa efektif kerjasama yang di lakukan influencer yang di pilih.

Simpel, saat influencer membuat video di Tiktok lalu banyak orang yang menanyakan mengenai informasi produk, maka strategi pembuatan kontennya bisa di katakan bagus. Buktinya banyak orang yang tertarik untuk menanyakan lebih lanjut mengenai produk/jasa yang di tawarkan.

4. Perhatikan Seberapa Banyak Konten yang Di buat Dalam Sehari

Tiktok itu punya yang namanya sistem untuk menunjukkan video apa yang ada di bagian paling atas halaman profile. Umumnya video terbaru yang akan ada di bagian pertama.

Jadi, apabila Anda meminta bantuan influencer untuk mempromosikan produk, dalam sehari ternyata dia menerbitkan 20 video berbeda. Ini akan membuat postingan promosi yang Anda minta berada di urutan terbawah dari halaman terbaru.

Bagaimana solusinya? Anda perlu mencari influencer tiktok marketing yang memposting konten secara konsisten dan tidak terlalu sering. Bagian ini menjadi hal yang tersulit, karena biasanya pasti banyak produk yang di-endorse oleh influencer dalam sehari.

Agency Influencer Marketing Terbaik Dart Creative

Tidak mau repot memikirkan semua hal di atas? Anda bisa menggunakan layanan tiktok influencer management untuk kebutuhan marketing dan promosi dari DART creative agency. Sewa influencer sudah termasuk jasa bikin video tiktok juga lho. Cukup praktis bukan?

Mau tahu hasil kerja dari tim creative agency DART? Silahkan cek portofolio berikut.

Untuk informasi portofolio lainnya silahkan hubungi kami melalui Whatsapp, dapatkan harga endorse influencer tiktok marketing yang terjangkau bersama DART, sahabat UMKM dan UKM untuk promosi online di sosmed!

Tinggalkan Komentar

Dart Creative Agency