Untuk menjadi yang terdepan dan bisa dikenal oleh banyak orang, pemilik bisnis harus memutar otak untuk menciptakan ide-ide promosi yang kreatif dan membuat siapa saja yang melihatnya penasaran dan terkesan.
Namun, hal semacam ini lebih sulit daripada yang di bayangkan. Kami bisa memahami, Anda sendiri mungkin sudah mencoba membuat konten di media sosial bisnis berulang kali bahkan sehari post bisa 3-5 kali postingan.
Nyatanya hasil nihil, tidak memuaskan ini membuat siapa saja merasa bingung agaknya formula marketing apa yang terlewat?
Apabila saat ini Anda tengah mengalami kondisi berikut:
- Kesulitan mencari ide-ide kreatif untuk promosi
- Buntu ide sulit memikirkan konsep pemasaran yang tepat
- Tidak percaya diri dan sulit terinspirasi
Itu tandanya Anda membutuhkan bantuan dari tim kreatif yang berpengalaman yang sudah menguasai teknik dan konsep creative ideation.
Tunggu dulu, memangnya apa itu creative ideation dan bagaimana pengaruhnya terhadap perancangan ide-ide promosi bisnis? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.
Pengertian Creative Ideation dan Tim Kreatif Marketing
Creative ideation adalah proses sekaligus konsep berpikir kreatif melalui sejumlah tahapan. Kebuntuan ide untuk membuat rancangan promosi bisa terjadi karena kurangnya inspirasi dan brainstorming.
Ya, menciptakan captions, copywriting yang menjual, dan berbagai elemen pemasaran digital penting lainnya tidak bisa kita lakukan serba sendiri. Perlu adanya kerja tim, masing-masing haruslah mempunyai keahlian dan passion di bidang tersebut.
Oleh karena itu, biasanya perusahaan besar yang tidak mempunyai SDM kompeten lebih memilih untuk menyewa jasa tim kreatif untuk mengurusi keperluan promosi mereka, daripada harus memaksakan semuanya serba sendiri akhirnya malah kurang maksimal.
Bagaimana tim kreatif mampu menerapkan menciptakan ide-ide kreatif tanpa batas? Anda bisa menyimak penjelasan di bawah sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa profesional.
Creative Ideation Process dan Techniques
Masing-masing orang mempunyai definisi dan proses yang berbeda untuk membangun creative ideation. Namun, secara sederhana penggambaran dan tekniknya sebagai berikut:
1. Penentuan tujuan
Konten promosi di buat karena tujuan tertentu, misalnya untuk pengenalan brand dan merek baru kepada masyarakat umum berarti konten tersebut berperan untuk mendorong brand awareness memaksimalkan brand activation.
Konten juga bisa di buat untuk membangun citra positif suatu brand, istilahnya ORM (Online Reputation Marketing). Selain itu, tentunya beberapa pemilik bisnis memfokuskan konten mereka sebagai media untuk mencapai closingan atau penjualan dari jasa atau produk yang di tawarkan.
Dalam prinsip creative ideation, goal semacam ini harus di tentukan sejak awal agar nantinya tidak salah arah.
2. Brainstorming
Setelah tujuan sudah di tetapkan, maka selanjutnya adalah pengumpulan ide dan gagasan mengenai konsep konten marketing seperti apa yang agaknya cocok dengan produk atau jasa yang Anda miliki.
Ide yang sudah ditemukan tidak bisa langsung eksekusi, perlu didiskusikan terlebih dahulu antar tim kreatif. Tujuannya untuk menghasilkan konsep yang matang dan hasil yang lebih baik.
Baca juga: Cara Meningkatkan Engagement Social Media yang Wajib Dicoba
3. Eksekusi dan Revisi
Ide yang sudah disepakati bisa dieksekusi melihat bagaimana hasilnya apakah sesuai dengan rencana atau tidak. Masih ada waktu untuk melakukan perbaikan dan revisi, sampai akhirnya konten yang berkualitas tersebut bisa dipublikasikan secara umum.
Konsep berpikir seperti ini bisa diterapkan untuk sebagian besar konten promosi terutama konten video untuk media sosial, seperti Tik Tok dan Instagram.
Apakah bisnis Anda sudah menerapkan teknik di atas? Tanpa adanya tim yang kompeten, tentu akan sulit untuk melakukannya. Ada dua pilihan yang bisa diambil.
Pertama, merekrut tenaga kerja dan menyeleksi secara manual latar belakang dan skill mereka untuk membuat tim kreatif dari awal.
Kedua, menggunakan jasa creative agency yang sudah menguasai konsep creative ideation menghemat waktu, tenaga, dan biaya hingga 50%
Mana yang akan Anda pilih jika berada di posisi pengelola bisnis?
Untuk memastikan modal usaha tidak membengkak, maka opsi nomor dua adalah salah satu jalan keluarnya.
Belum Punya Tim Kreatif di Perusahaan? Begini Solusinya
Creative agency Dart bisa membantu Anda. Ada cara yang lebih mudah untuk mengatasi buntu ide, sulit berinovasi membuat konten-konten yang unik. Percayakan kepada kami, Dart bisa membantu bisnis Anda untuk mengatasi masalah ini.
Ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari ide dan referensi konten untuk promosi dan edukasi kepada konsumen. Kami menggabungkan beberapa metode untuk menciptakan ide kreatif melalui riset manual melihat perkembangan konten yang sedang menjadi perbincangan banyak orang di media online.
Tidak semata-mata menerapkannya langsung, melainkan kami ubah dan modifikasi menyesuaikan dengan relevansi produk atau jasa yang akan dipromosikan.
Apabila Anda tertarik untuk bekerja sama dengan tim digital marketing Jakarta dari Dart agency, silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia. Ubah dan tingkatkan strategi promosi bisnis supaya tidak ketinggalan oleh pesaing!