Sudah tahu tips bikin copywriting yang bagus buat bisnis? Di zaman serba canggih seperti sekarang ini banyak yang sudah mulai merambah ke bisnis digital. Mulai dari penjualan produk hingga jasa, mereka menggunakan website dan media sosial sebagai senjata marketing.
Dalam hal ini peran copywriting sangatlah penting, bisa dikatakan orang akan memutuskan untuk membeli atau pakai jasa bergantung pada seberapa meyakinkan kata-kata yang sudah Anda buat.
Jadi, sebenarnya apa itu copywriting? Apakah benar-benar penting?
Nah, copywriting ini adalah suatu tulisan yang mempunyai fungsi untuk membujuk calon konsumen untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa.
Tidak semua orang bisa membuat copywriting, karena untuk membuat materi tersebut membutuhkan skill dan keahlian ada ilmunya sendiri. Sayangnya Anda tidak akan menemukan pelajaran ini di sekolah padahal keuntungan bisa melakukan copywriting bisa menjadi sumber penghasilan.
Banyak yang bilang istilah copywriting tidak ada bedanya dengan permainan kata-kata.
Uniknya itu memang fakta..
Coba lihat contoh berikut
“Jual rumah mewah di Jakarta tanpa DP”
“Miliki hunian mewah yang nyaman di Jakarta DP 0%”
Sudah kelihatan bedanya?
Pada prinsipnya produk yang dijual itu sama, namun dengan copywriting yang tepat maka bisa berpengaruh besar terhadap psikologi dari konsumen.
Tapi..
Copywriting itu tidak bisa ‘memaksa’ karena ada sejumlah hal yang perlu kalian ketahui agar bisa memikat perhatian calon pelanggan.
Kami akan coba membongkar tips bikin copywriting yang bagus, silahkan disimak siapa tahu bisa bermanfaat buat kemajuan bisnis Anda.
5 Tips Membuat Copywriting yang Bagus, Apa Saja?
Perlu kami ingatkan kembali bahwa copywriting yang bagus tidak bisa memberikan kepastian bahwa produk atau jasa Anda pasti 100% laris. Namun, yang kita bicarakan di sini adalah bagaimana caranya meningkatkan potensi penjualan tersebut.
Jadi copywriting itu termasuk kedalam usaha, berhasil atau tidaknya untuk mendatangkan closing pengaruhnya tentu bermacam-macam.
Namun, tidak ada salahnya untuk menyimak kelima poin singkat tips bikin copywriting yang bagus.
1. Pahami Dulu Target Konsumen
Sebelum membuat tulisan untuk beriklan atau mengisi judul dalam landing page pastikan Anda sudah tahu target konsumen.
Setiap bisnis pastinya target pasarnya beda-beda..
Misal bisnis properti, maka ditujukan untuk pelanggan berusia dewasa umur 30-40 tahun. Buat copywriting dengan bahasa yang “profesional” hindari menggunakan kata-kata alay dan singkatan.
Beda ceritanya jika produk yang Anda jual adalah tas, dompet, gamis yang umumnya menargetkan ibu-ibu. Asal ada kata “diskon” mereka langsung menyerbu dagangan Anda.
Jadi, sebaiknya sebelum buat copywriting lakukan riset. Tidak perlu survei door to door itu melelahkan.
Baca juga : Cara Meningkatkan Engagement Social Media
Sekarang sudah ada media sosial, banyak informasi yang bisa kalian dapatkan dengan mengamati aktivitas-aktivitas target pelanggan di platform tersebut.
2. Pilih Kata-Kata yang Unik
Menjadi yang berbeda dari yang lain itu memang awalnya sulit. Dalam prinsip copywriting juga sama, banyak yang takut untuk berkreasi.
Alhasil memilih tulisan-tulisan yang mainstream..
Dengan begini konsumen juga malas, mereka tidak peduli dengan kualitas produk atau keunggulan layanan jika copywriting yang Anda gunakan kurang unik dan cenderung standar tidak ada bedanya dengan penjual lainnya.
Ingat, meskipun produk yang dijual sama namun kata-kata yang tepat bisa membawa perubahan besar.
Daripada menulis
“Hosting ini berkapasitas 2 GB, ada fitur SSL dengan penyimpanan bertipe SSD”
Lebih baik
“Hosting ini sudah menggunakan teknologi penyimpanan terbaru yakni SSD 10x super cepat dibandingkan HDD yang kuno. Tidak hanya itu tersemat juga fitur SSL untuk memastikan pengguna merasa aman saat mengunjungi situs Anda. Kapasitas penyimpanannya 2 GB cocok untuk buat nge-blog!”
Buat copywriting Anda lebih hidup, cobalah untuk mengajak pembaca agar semakin terdorong untuk menggunakan jasa atau membeli produk yang Anda jual.
3. Gunakan Kalimat yang Mudah Dicerna
Sebenarnya ini berkaitan dengan target pelanggan lagi. Penggunaan istilah asing mungkin membuat kesan profesional dan intelektual.
Namun, apa jadinya jika konsumen Anda gagal memahami isi dari copywriting yang telah dibuat?
Pada beberapa kondisi Anda perlu menggunakan bahasa-bahasa yang ringan, khususnya jika membuat copywriting di toko online.
Tidak semua orang bisa memahami penggunaan istilah asing kecuali yang benar-benar umum dan banyak dipakai di media sosial.
Misalnya:
- HP ini mempunyai fitur water resistant
- HP ini sudah dilengkapi fitur waterproof
Sama-sama istilah asing namun opsi kedua lebih umum dan banyak dipakai oleh orang-orang saat mendeskripsikan fitur yang tersemat pada produk elektronik.
Memang agak dilema. Pada awalnya Anda ingin membuat copywriting yang bagus dengan menambahkan penggunaan bahasa yang keren, disisi lain bisa jadi penggunaan istilah tersebut justru membuat calon pelanggan kebingungan.
Jadi, kami harap Anda bisa lebih bijak dalam penggunaan istilah asing tersebut dalam pembuatan copywriting.
4. Jangan Buat Copywriting yang Mencurigakan
Banyak yang salah kaprah memahami pembuatan copywriting yang bagus berarti harus mendorong konsumen sekuat tenaga untuk membeli produk atau jasa kita.
Harap diperbaiki jika kalian masih berpikir begitu..
Karena bukannya closing malah tambah pusing.
Mereka kabur karena melihat copywriting yang terkesan mencurigakan dan tidak bisa diterima nalar.
Begini contohnya..
“Dengan meminum herbal ini maka Anda akan langsing secara instan dalam 4 hari!”
Sedahsyat apapun kandungan herbal di dalam produk tersebut, mustahil dapat membuat orang gemuk menjadi langsing dalam waktu seminggu.
Inilah pentingnya untuk mengetahui apa yang kalian tulis saat membuat copywriting. Jangan hanya fokus mendorong konsumen untuk membeli produk, melainkan perhatikan juga apa yang akan Anda pikirkan saat menemukan tulisan tersebut.
Bisa dipahami bahwa setiap orang butuh waktu untuk mempercayai Anda saat memasarkan produk atau jasa. Jika kesan pertama yang Anda buat dalam copywriting sudah mencurigakan dan menjanjikan yang tidak-tidak maka tentu konsumen akan segera kabur.
5. Buat Konsumen Merasa Istimewa
Gunakan taktik yang jitu buat konsumen Anda merasa diri mereka spesial. Sebagian besar orang akan tertarik saat diri mereka dipuji. Coba pahami pencapaian seperti apa yang telah mereka lakukan.
Contohnya dalam copywriting pembuatan kolam renang, Anda bisa menggunakan istilah “kebebasan finansial”
Misal..
“Selamat karena telah mencapai kebebasan finansial Anda di masa muda, apakah Anda ingin membuat rumah lebih mewah dan berkelas? Kolam renang bisa menjadi fasilitas pribadi yang tepat”
Dalam copywriting tersebut Anda memuji konsumen karena telah mempunyai kondisi finansial yang sangat baik, karena umumnya mereka yang membuat kolam renang pasti punya uang lebih dalam jumlah yang banyak.
Metode ini dapat diterapkan pada bidang bisnis yang luas, memuji pelanggan adalah langkah sederhana membuat mereka bahagia bisa meningkatkan potensi penjualan juga, jadi tidak ada ruginya bisa Anda coba.
Kesimpulan
Jadi singkatnya copywriting ini adalah sebuah metode jitu untuk menjual produk atau jasa dengan modal memainkan kata-kata.
Selain itu, copywriting ini bisa diterapkan secara meluas seperti pembuatan landing page, pembuatan website, postingan sosmed, dan kawan-kawannya.
Meskipun tujuan utamanya adalah closing alias penjualan, namun selama proses pembuatan copywriting perlu:
- Memahami target konsumen
- Menggunakan kata-kata yang unik dan menarik
- Memilih bahasa yang simpel dan praktis
- Tidak mencurigakan
- Mencoba untuk memuji pelanggan
Semoga informasi tips bikin copywriting yang bagus ini bisa membantu Anda untuk memperbaiki strategi promosi online. Tapi jangan pergi dulu, masih ada satu lagi info penting.
Dart Creative Agency menyediakan jasa tiktok management,instagram, dan media sosial lainnya. Selain itu kami juga siap mengelola toko online Anda dan membuatkan postingan produk dengan copywriting yang menjual sehingga konsumen juga lebih tertarik untuk membeli.
Ingin menggunakan layanan kami atau berkonsultasi? Silahkan hubungi admin melalui kontak yang tertera. Sekian, terimakasih.