Influencer marketing adalah sebuah upaya untuk mempromosikan produk atau jasa melalui orang yang berpengaruh. Umumnya, mereka mempunyai followers atau pengikut di akun media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok, dan sejenisnya.
Strategi bisnis ini sudah semakin gencar di lakukan oleh banyak orang, bisa jadi kalau Anda masih belum menerapkannya sampai sekarang berarti ikutnya sudah ketinggalan zaman.
Karena faktanya, keberadaan influencer marketing memberikan banyak manfaat tidak terduga, terutama untuk pemilik bisnis baru. Sudah pasti mereka membutuhkan nama atau branding supaya bisa di kenal oleh banyak orang.
Ingat, kuncinya bukan pada banyaknya jumlah followers tetapi lebih ke keterikatan antara si influencer tersebut dengan pengikutnya. Penggunaan jasa influencer, akan semakin efektif jika orang tersebut mampu menawarkan produk dengan baik secara natural sesuai dengan ciri khas dari orang tersebut.
Manfaat Influencer Marketing, Ketahui 5 Poin Ini!
Kami akan jelaskan apa saja benefit influencer marketing, supaya Anda tidak lagi penasaran. Siapa tahu setelah ini Anda mempunyai planning untuk sewa influencer mikro atau makro, sudah pasti potensi keunggulannya harus kita ketahui terlebih dahulu.
1. Promosi Menjadi Lebih Efektif
Apakah Anda masih sering mengeluarkan dana besar untuk beriklan di TV? Atau mungkin pasang banner berukuran besar di berbagai titik lokasi? Keduanya tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tetapi efektivitasnya masih di pertanyakan.
Mengutip riset yang di lakukan oleh Global Trust Advertising Nielsen, di sebutkan setidaknya 83 persen target customer lebih percaya dengan produk yang di rekomendasikan dari orang yang mereka kenal, sedangkan untuk tayangan iklan di TV hanya mendapatkan kepercayaan konsumen di angka 63 persen saja.
Dalam hal ini “Orang yang di kenal” , mempunyai arti public figur atau influencer yang sering muncul di media sosial ternama. Ya, tentu efektivitasya akan meningkat pesat dengan menyewa artis atau seleb untuk mempromosikan produk Anda, tetapi hal ini belum begitu perlu apabila bisnis Anda masih skala kecil.
Oleh karena itu, penggunaan influencer mikro di nilai sangat efektif. Jadi, meskipun followernya belum menyentuh angka jutaan, tetapi interaksinya lebih kuat. Ada potensi yang lebih besar untuk menjaring konsumen potensial.
2. Meningkatkan Brand Awareness
Produk yang baru membutuhkan waktu supaya bisa di percaya oleh customer. Ini adalah tantangan terberat bagi pebisnis yang mempunyai produk rilis belum ada 1 tahun. Apabila salah dalam menyusun strategi brand awareness, bukan tidak mungkin merek Anda tidak akan di kenal sama sekali orang customer.
Influencer berperan sebagai pemangkas waktu branding, dengan memilih orang yang tepat untuk mempromosikan produk Anda, maka dalam hitungan bulan produk akan mulai di kenal oleh orang-orang.
Hal yang harus di perhatikan oleh penjual produk atau pemilik bisnis adalah memperhatikan keahlian influencer dan lingkup endorse yang mereka lakukan.
Misal, produk yang Anda punya adalah kosmetik dan skincare, maka gunakanlah layanan beauty influencer (Orang yang berpengaruh dan sering melakukan endorse bertemakan kecantikan). Jadi, targetnya harus pas jangan sampai Anda sewa influencer makanan untuk mempromosikan kecantikan itu keliru dan akibatnya brand awareness tidak akan tercipta dengan baik.
3. Testimoni Menjadi Lebih Kredibel dan Terpercaya
Kesalahan umum pemilik bisnis seringkali membuat testimoni secara asal-asalan. Secara umum jumlah memang penting, akan tetapi kualitas dari ulasan tersebut masih lebih utama. Konsumen sekarang sudah cerdas, mereka tahu testimoni palsu dan natural.
Apabila orang yang menggunakan produk Anda adalah influencer yang ternama, tentunya kredibilitas usaha akan semakin baik. Terlebih lagi jika konten endorse yang di buat berbentuk video, tentunya mereka akan lebih percaya di bandingkan hanya menampilkan gambar atau foto saja.
4. Menjangkau Target Konsumen Secara Luas dan Tertarget
Pada umumnya beriklan di media mainstream seperti TV atau radio pangsa pasarnya masih terlalu umum. Namun, manfaat influencer marketing lebih dari itu. Jika Anda mempunyai target untuk menjangkau customer secara luas, maka pilihlah influencer dengan follower 100 ribu hingga 1 juta.
Sekali lagi perhatikan produk yang mereka endorse, dengan demikian promosi yang Anda lakukan bisa menjangkau jumlah audience yang banyak sekaligus tertarget.
5. Konten Endorse Produk Berpotensi Viral
Semua pebisnis ini produk atau jasanya viral di media sosial. Hal ini memang tidak bisa di prediksi, tetapi dengan memanfaatkan influencer marketing maka potensinya jauh lebih besar di bandingkan promosi di media lainnya.
Karena, kunci viral itu sendiri letaknya ada di medsos. Saat postingan endorse Anda di share ke berbagai jaringan media sosial maka ada potensi ratusan ribu bahkan jutaan orang melihatnya melalui ponsel.
Namun, tentunya hal ini tidaklah instan sebisa mungkin konten endorse-nya harus unik dan mampu memberikan ciri khas tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya.
Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai manfaat influencer marketing, semoga bisa memotivasi Anda untuk menargetkan promosi menjadi lebih baik lagi.
Apabila butuh bantuan, DART creative agency selalu hadir melayani Anda. Kami menyediakan jasa influencer mikro, makro, dan kebutuhan endorse lainnya yang Anda butuhkan.
Maksimalkan juga marketing di media sosial dengan menggunakan jasa bikin video Tiktok dapatkan penawaran terbaru solusi promosi dengan biaya murah dan terjangkau hari ini.